Monday

Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan gangguan sulit tidur. Padahal tidur itu begitu penting untuk kesehatan fisik dan mental. Karena kekurangan tidur bisa menjadikan tubuh menjadi lemas, kurang konsentrasi, menurunkan daya ingat dan juga dapat menurunkan kekebalan dalam tubuh. Akibatnya wajah akan menjadi pucat dan timbul lingkaran hitam pada bagian bawah mata. 


Insomnia juga disebabkan karena mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dan alkohol, serta obat-obatan tertentu. Kalo anda mengalami gangguan sulit tidur, ada beberapa cara untuk mengatasinya antara lain:
  • Tidur tepat waktu. Biasakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.
  • Jangan Stres. Istirahatkan pikiran dan tubuh kamu supaya bisa tidur dengan nyenyak. Olahraga pada sore hari bisa membuat tidur menjadi nyenyak. Bisa juga dengan mendengarkankan musik pada saat akan tidur.
  • Atur ruangan kamar. Ruangan kamar yang berantakan bisa juga membuat susah tidur. Buat kamar anda menjadi tempat yang nyaman untuk istirahat anda. Bisa juga dengan memberikan dekorasi kamar dengan warna-warna yang lembut agar pikiran menjadi tenang.
  • Hindari kafein dan alkohol. Jangan makan terlalu banyak menjelang waktu tidur. Biar tidur menjadi nyenyak, coba minum susu hangat dicampur dengan madu.

Yang perlu diingat, jangan minum obat tidur tanpa resep dokter. Jadi kalo anda sering susah tidur, segera konsultasikan dengan dokter. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Terimakasih atas kunjungannya.
Sumber: berbagai sumber

No comments:

Post a Comment