Sunday

Beberapa Manfaat Jahe Untuk Kesehatan


Jahe ataupun Zingiber officinale adalah tanaman rimpang yang populer sebagai rempah-rempah yang berbentuk jemari menggembung di ruas tengah. Rassanya dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Nama ilmiah jahe diberikan oleh william Roxburgh dari kata Yunani zingiberi dari bahasa sanskerta, singaberi.

Jahe mengandung senyawa oleoresin yang lebih dikenal sebagai gingerol yang bersifat antioksidan. Komponen bioaktif jahe dapat berfungsi menghambat oksidasi kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh. Besarnya manfaat jahe membuat tanaman ini dikembangkan juga sebagai suplemen herbal.


Adapun beberapa manfaat jahe untuk kesehatan sebagai berikut:
  • Untuk pegal linu 
    Ambil satu potong jahe. Cuci bersih dan tumbuk sampai halus. Balutkan pada bagian yang terasa pegal, kemudian balut dengan kain kasa.
  • .       Untuk mengobati terkilir
    Ambil jahe satu potong. Cuci bersih dan tumbuk sampai halus. Oleskan pada bagian yang terkilir.
  • .        Untuk Masuk angin
    Ambil jahe satu potong. Cuci bersih dan memarkan. Rebus dengan air dua gelas sampai mendidih dan tambahkan gula secukupnya. Tuangkan ke gelas dan minum saat masih panas atau hangat. 
  • .        Untuk sakit kepala atau migrain
    Ambil jahe satu potong. Bakar kemudian kupas kulit yang gosong lalu cuci bersih dan memarkan. Seduh dengan segelas air dan tambahkan gula secukupnya, Minum sampai habis saat panas atau hangat.
Itulah beberapa manfaat jahe untuk kesehatan. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Terimakasih atas kunjungannya.
Sumber: berbagai sumber

No comments:

Post a Comment