Monday

Gejala Migrain


Migrain adalah rasa sakit atau nyeri yang timbul di bagian sisi kepala yang timbul berulang-ulang. Migrain dapat menyerang siapa saja, tetapi biasanya diderita oleh wanita usia antara 10 sampai dengan 30 tahun. Terjadinya migrain saat pembuluh arteri yang membawa aliran darah ke otak menyempit kemudian melebar, sehingga aliran darah tidak normal.
Awalnya rasa sakit atau nyeri timbul pada satu titik saja (contoh pada bagian mata atau pelipis) dan lama kelamaan menyebar keseluruh bagian kepala. Terkadang migrain disertai dengan rasa mual, muntah, pandangan silau atau kesemutan di bagian tangan dan kaki.

Stres adalah penyebab terjadinya migrain. Jenis makanan tertentu juga sebagai penyebab migrain (misal Vetsin dan zat pada coklat dan keju), perubahan iklim, ketinggian, pergantian pola tidur dan makan, serta saat siklus menstruasi juga bisa memicu timbulnya migrain.

Cara mengatasi disaat gejala migrain datang antara lain, sebagai berikut:
  • Berbaring sejenak di ruangan yang gelap dan tenang. Anda juga bisa mengompres bagian leher belakang sambil memijit bagian kepala yang terasa sakit.
  • Relaksasi. Tubuh perlu istirahat, terutama sehabis beraktifitas yang mengeluarkan banyak tenaga. Relaksasi juga penting untuk menghilangkan stres.
  • Hindari makanan seperti coklat, keju, dan makanan yang banyak mengandung vetsin, seta minuman yang beralkohol.
Usahakan jangan langsung minum obat sakit kepala yang dijual bebas ditoko-toko obat saat terasa ada gejala migrain. Sebaiknya segera kunjungi dokter terdekat untuk mengetahui penyebab migran dan mendapat obat yang tepat. Jagalah kesehatan anda agar terhindar dari migrain. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca sekalian. Terimakasih atas kunjungannya.
Sumber: berbagai sumber

No comments:

Post a Comment